Collaborating with CIFOR, Biology Study Program, FMIPA Unud Prepares Malapari Development as Bioiesel  

Kerjasama antara Universitas Udayana dengan Center of International for Forestry Research (CIFOR) telah diresmikan  melalui MoU (Memorandum of Understanding) yang ditandatangani oleh rektor UNUD Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.K (K) dan Director General CIFOR bapak Robert Nasi pada tanggal 29 Desember 2020. Bidang kerjasama meliputi bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pengabdian Kepada Masyarakat.


Salah satu program yang dikembangkan adalah perancangan dan pembuatan kebun bibit malapari sebagai bahan baku biodiesel. Malapari yang memiliki nama ilmiah Pongamia pinnata merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki biji dengan kandungan minyak yang tinggi, sehingga potensial dikembangkan sebagai bahan baku biodiesel. Hal ini juga menjadi salah satu respon positif dari Prodi Biologi FMIPA Unud dalam menyajikan solusi di bidang energi terbarukan.


Perancangan dan pembangunan kebun bibit malapari ini didampingi secara khusus oleh Prof. Budi Leksono dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan. Beliau menjadi narasumber dalam workshop dan field study yang dilakukan pada 24-26 September 2021. Diharapkan dengan adanya acara ini, permasalahan energi di Indonesia dapat terselesaikan. Sekaligus, menjadi salah satu implemenntasi riset multidisiplin yang dapat dihilirisasi dalam industri besar.