Collaborate with AQUA, Himabio FMIPA Unud Holds Bali Biodiversity Camp 2022

Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Udayana telah menyelenggarakan kegiatan “Bali Biodiversity Camp 2022”. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengabdian dalam bentuk inventarisasi flora dan fauna. Bekerjasama dengan Aqua, acara ini berlangsung dalam tiga rangkaian utama. Rangkaian pertama kegiatan BBC 2022 yang bertajuk “Workshop Pengambilan Data Flora dan Fauna” dilaksanakan pada Senin, 13 Juni 2022 - Kamis, 16 Juni 2022, kegiatan ini berlokasi di Gedung AR, Prodi Biologi, FMIPA, Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan agenda utama yaitu pemberian materi seputar burung yang diisi oleh Dr. Drs. F. X. Sudaryanto, M.S., materi serangga yang diisi oleh Dr. Ni Made Suartini, M.Si, materi reptil yang diisi oleh Anak Agung Ngurah Bagus Adi Permana Dinata, dan materi analisis vegetasi yang diisi oleh Dr. I Ketut Ginantra, S.Pd., M.Si dan praktik lapangan diakhir sesi pemberian materi. Peserta dalam kegiatan workshop ini berjumlah 17 orang yang merupakan mahasiswa Biologi angkatan 2020 dan 2021.

 

Rangkaian kedua kegiatan BBC 2022 berlangsung di Desa Bongkasa Pertiwi pada Jumat, 24 Juni 2022 - Sabtu, 25 Juni 2022, dengan agenda utama pengambilan data flora (tumbuhan) dan fauna (serangga dan burung), serta indentifikasi dan analisis data dari sampel yang didapatkan. Pengambilan data di lapangan dilakukan dengan observasi secara langsung untuk burung dan mengambil sampel menggunakan jaring untuk serangga, keseluruhan data kemudian dicatat dalam lembar pengamatan (tally sheet), sementara itu analisis data dilakukan dalam bentuk excel. Rangkaian terakhir dari kegiatan ini berlokasi di Dusun Jempanang, Desa Belok Sidan yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 Juli 2022 - Minggu, 10 Juli 2022. Agenda utama kegiatan ini yaitu pengambilan, analisis secara deskriptif, dan presentasi data flora fauna yang didapatkan. Kegiatan ini dihadiri oleh pihak PT. Tirta Investama Mambal Aqua, dosen pendamping, peserta dari mahasiswa Biologi sebanyak 15 orang, pemuda-pemudi,  siswa/i SMK N 1 Petang dan masyarakat Dusun Jempanang.

 

Melalui kegiatan Bali Biodiversity Camp 2022 ini harapannya seluruh partisipan mendapatkan ilmu dan informasi mengenai cara pengambilan, identifikasi, serta analisis data flora dan fauna yang didapatkan, serta mampu mengaplikasikan secara langsung di lapangan. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut sebagai salah satu upaya konservasi lingkungan.