Kuliah Tamu "Mengelola Bisnis Tanaman Hias yang Kian Deras"  

Pada tanggal 10 April 2021, Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Udayana menyelenggarakan kuliah tamu untuk meningkatkan minat berwirausaha dari civitas akademika, terutama mahasiswa. Tema yang diusung adalah "Mengelola Bisnis Tanaman Hias yang Kian Deras" dengan narasumber yang telah berpengalaman dalam menjalani bisnis tersebut. Dua narasumber yang diundang juga merupakan alumni dari Program Studi Biologi FMIPA Unud.




Narasumber pertama adalah Ibu Ni Kadek Dwipayani Lestari, S.Si., M.Si. yang merupakan alumni Prodi Biologi FMIPA Unud angkatan 2006. Narasumber yang akrab dipanggil Ibu Ari Lestari ini mengelola bisnis budidaya anggrek dengan tempat usaha yang bernama 'Rumah Anggrek Bali'. Ibu Ari Lestari menceritakan proses yang dilewati saat mencari passion dalam menentukan jenis bisnis yang akan ditekuni. Beliau membagi beberapa tips untuk menjaga konsistensi dalam berbisnis, yaitu 'lakukan sesuai passion', 'lihat peluang usaha', 'langsung memulai', dan 'jangan takut gagal'. Tidak lupa pula beliau menekankan untuk menyisipkan ciri khas dari produk yang dimiliki. 


Beranjak ke narasumber kedua, kuliah tamu diisi oleh Ibu Leni Kurniawati, S.Si. yang juga merupakan alumni Prodi Biologi FMIPA Unud, namun pada angkatan 2003. Ibu Leni mengajak tour mengelilingi koleksi tanaman hias beliau yang ditata rapi di nursery-nya. Beliau mengingatkan lagi kepada para peserta kuliah tamu tentang tinggi keragaman hayati tumbuhan di Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai tanaman hias. Beliau juga berbagai bagaimana suka duka beliau dalam melakukan transaksi lintas negara, seperti cara pengemasan, kelengkapan administrasi, surat keterangan dari Balai Karantina Tumbuhan, serta adanya material transfer agreement


Secara umum, kuliah tamu hari ini memberikan informasi yang sangat menarik. Kedua narasumber berbagi pengalaman yang telah dihadapi di dunia usaha, yang dapat menjadi bekal untuk peserta dalam berwirausaha. Diskusi yang dilakukan setelah sesi sharing berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun sempat diguncang gempa, antusiasme peserta masih tetap tinggi sampai acara selesai dan ditutup.