Kuliah Tamu "Sertifikasi Profesi dalam Dunia Kerja"  

Pada tanggal 8 Mei 2021, Program Studi Biologi FMIPA Universitas Udayana telah menyelenggarakan kuliah tamu dengan mengundang dua narasumber (expert) yang telah memiliki sertifikasi profesi di bidangnya. Kedua narasumber tersebut juga merupakan alumni Prodi Biologi FMIPA Unud. Narasumber yang pertama adalah I Dewa Kadek Wira Sanjaya, S.Si. yang merupakan alumni dari angkatan tahun 1999, sedangkan narasumber kedua adalah I Wayan Eka Dharmawan, S.Si., M.Si. yang merupakan alumni dari angkatan 2004.


Acara ini dimulai dengan sambutan dari Koordinator Program Studi Biologi FMIPA Unud, Dr. I Ketut Ginantra, S.Pd., M.Si. kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing yang dipandu oleh Drs. Job Nico Subagio. Sesi pertama diisi oleh I Dewa Kade Wira Sanjaya yang juga merupakan project leader di Coral Triangle Center dan juga sebagai assesor di Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Beliau menjelaskan tentang latar belakang dari sertifikasi profesi, pentingnya sertifikasi profesi dalam dunia kerja, serta bagaimana cara memperolehnya. Penjelasan yang beliau berikan memberikan informasi untuk dosen dan mahasiswa, bahwa lulusan biologi harus memiliki keahlian khusus untuk bersaing di dunia kerja.




Sesi kedua diisi dengan penjabaran dari I Wayan Eka Dharmawan yang mengulas tentang sertifikasi profesi di bidang kelautan. Beliau yang juga menjadi tenaga peneliti di Pusat Penelitian Oseanografi LIPI menjelaskan bahwa saat ini metode penelitian sangat penting dalam sertifikasi profesi ini. Selain itu, penggunaan teknologi juga berdampak signifikan terhadap kemajuan penelitian. Dalam salah satu tajuk yang bertema Citizen Scientist, beliau mengungkapkan bahwa saat ini terdapat banyak data yang tersebar dan dapat diolah untuk memajukan penelitian di bidang mangrove. Salah satu yang dapat digunakan adalah aplikasi MonMang yang dapat diunduh di smartphone.


Pemaparan dari materi yang menarik telah mengundang diskusi yang menarik pula. Sebagian besar diskusi malah mucul dari dosen yang penasaran mengenai sertifikasi profesi. Secara tidak langsung, sertifikasi ini akan meningkatkan kualitas mutu lulusan di bidang biologi dan memberikan informasi ke mahasiswa bahwa spektrum pekerjaan di bidang biologi sangat luas. Sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan spesialisasi dari lulusan akan menjadi pemacu mahasiswa untuk mulai fokus dalam menata karir.