Menggali Kreativitas Mahasiswa melalui Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Sharing Alumni  

Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah merupakan suatu kegiatan yang diadakan untuk mahasiswa/i aktif Program Studi Biologi FMIPA Universitas Udayana. Kegiatan Workshop ini dibagi menjadi beberapa kegiatan yang terdiri dari pemberian materi oleh dosen, diskusi, sharing session, dan yang terakhir praktek penulisan karya tulis bagi mahasiswa/i. Tujuan dari diadakannya kegiatan workshop ini adalah agar mahasiswa/i Program Studi Biologi FMIPA Universitas Udayana dapat memahami mengenai Karya Tulis Ilmiah dan Karya Tulis Populer. Selain itu, kegiatan ini diadakan untuk mempersiapkan mahasiswa/i agar dapat bersaing dalam perlombaan yang terkait dengan penulisan ilmiah dalam tingkat regional, nasional, dan internasional.


  


Kegiatan workshop ini diadakan selama 2 hari. Hari pertama, Senin 25 Januari 2021 telah dilaksanakan dengan pemberian materi oleh Narasumber yaitu Dosen dari Program Studi Biologi mengenai Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang baik dan benar. Hari pertama yang terdiri dari 2 sesi, sesi pertama akan diisi oleh narasumber antara lain Dr. Drs. F.X. Sudaryanto M.S. dan Ir. Ida Ayu Astarini, M.Sc., Ph.D. Sesi kedua akan diisii oleh I Made Saka Wijaya, S.Si., M.Sc.

 

Untuk hari kedua, Selasa 26 Januari 2021 telah diadakan sharing session bersama dengan alumni Program Studi Biologi. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 sesi, sesi pertama akan diisi oleh narasumber yang merupakan alumni Program Studi Biologi antara lain oleh Gede Surya Indrawan, S.Si., M.Si., yang akan mengisi materi pertama mengenai Zoologi. Materi kedua mengenai Botani yang akan diisi oleh Putri Sri Andila, S.Si. Selanjutnya, materi ketiga akan diisi oleh I Wayan Eka Dharmawan, S.Si., M.Si., mengenai Ekologi. Untuk materi keempat mengenai Mikrobiologi akan diisi oleh Adnorita Fandah Oktariani, S.Si., M.Si. Dan yang terakhir untuk sesi pertama ini, materi kelima akan diisi oleh Ni Luh Putu Kayika Febryanti, S.Si., M.Sc., mengenai Genetika dan Bioteknologi. Selanjutnya, terdapat sesi 2 yang  diisi oleh Anak Agung Gede Indraningrat, S.Si., M.Sc., PhD. mengenai topik Tips, Motivasi, dan Pengalaman dalam Penelitian.

 

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan workshop ini, mahasiswa/i akan diberikan sejumlah target yaitu pada tanggal 29 Januari 2021 mahasiswa/i  membentuk kelompok penelitian dan dilanjutkan dengan mengumpulkan ide & gambaran kasar penelitian yang akan dilakukan. Pada tanggal 4 Februari 2021, dilakukan pembagian dosen pembimbing yang bertujuan untuk mendampingi kelompok penelitian yang dibentuk oleh mahasiswa/i dalam pembuatan proposal. Dan target dari kegiatan ini adalah pengumpulan proposal yang dilakukan pada tanggal 21 Februari 2021 mendatang.