Pengenalan pemanfaatan tumbuhan di Desa Jungutan melalui Program Udayana Mengabdi  

Program Studi Biologi FMIPA Unud melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Jungutan, Karangasem, pada tanggal 10 Oktober 2021. Kegiatan ini dikemas dalam Program Udayana Mengabdi untuk meningkatkan partisipasi akademisi dalam menerapkan ilmu yang dimiliki. Kegiatan pengabdian ini mengambil topik tentang pemanfaatan tumbuhan dan perbanyakannya.


Sasaran utama kegiatan ini adalah karang taruna dan kelompok PKK di Desa Jungutan, Kabupaten Karangasem, Bali. Kegiatan dikemas secara interaktif dengan presentasi dan tanya jawab, kemudian dilanjutkan dengan praktek. Presentasi disampaikan oleh beberapa dosen dari Prodi Biologi FMIPA Unud dan Fakultas Teknologi Pertanian Unud. Materi pertama disampaikan oleh ibu Dr. Eniek Kriswiyanti yang memaparkan tentang jenis-jenis kelapa madan di Bali. Materi kemudian dilanjutkan mengenai variasi bunga telang di Bali yang disampaikan oleh bapak I Made Saka Wijaya, M.Sc.


Materi berikutnya disampaikan oleh bapak Dr. Ida Bagus Gunam dari Fakultas Teknologi Pertanian yang memberikan cara pembuatan jamu kunyit asam. Setelah itu, ibu Dr. Made Ria Defiani menyampaikan tentang cara bertanam sayur di kebun utuk memenuhi kebutuhan sayuran. Sesi materi ditutup oleh presentasi dari ibu Ir. Ida Ayu Astarini, Ph.D. yang menjelaskan tentang cara-cara perbanyakan tanaman hias. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi.


Berikutnya, acara dilanjutkan dengan praktek pembuatan jamu, perbanyakan tanaman hias, dan pembagian bibit sayuran. Peserta sangat antusias mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan pengabdian. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat mampu memanfaatkan tanaman disekitarnya, baik sebagai tanaman hias maupun sebagai bahan olahan minuman tradisional.